Powered By Blogger

Juni 08, 2010

Konsep Perspektif Psikologi

Psikologi mempunyai beberapa perspektif yang di antaranya adalah perspektif Kognitif, yang berdasarkan filosofi rasionalistik, percaya bahwa akal dapat menciptakan pengetahuan. Sekalipun konsep awalnya berasal dari pengalaman, tetapi seringkali ia berbeda dari tanggapan semula. Artinya, ada proses mental dimana konsep yang abstrak dikonstruksikan. Laiknya sebuah komputer, maka lingkungan menyuplai input, yang kemudian ditransformasikan (menjadi konsep/ kategori), disimpan, dan selanjutnya diretrivasi menggunakan beragam program mental hingga keluar respon sebagai ouput-nya.
Dalam kajian kotemporer, aliran ini memandang bahwa cara orang berfikir dan konsep-konsep yang mereka pegangi tentang keadaan takut atau senang, memainkan peran substansial dalam pembentukan emosi.
Hal yang justru berbeda sudut pandang dengan perspektif yang dikembangkan oleh John Watson ( perspektif behavioris ) yang percaya bahwa jiwa memiliki kebebasan untuk berfikir dan memilih, sementara tubuh dikuasai oleh hukum-hukum alam.


Nah lo ?

Hehehehehe....silahkan mempelajari tentang konsep ini di sini ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar