Powered By Blogger

Desember 20, 2010

Pagi setelah meeting

.

.



“ Kadang Bapak berpikir, apa ibadah Bapak ini akan sanggup nutupin beban dosa Bapak sendiri…. “ matanya sedikit menerawang dan isapan rokok. “ Padahal dosa dari mata ini saja sudah terlalu banyak… “, beliau sambil mendelik dan menunjukkan mata beliau pada saya…..

Seorang Manager Estate. Puluhan tahun malang – melintang di perusahaan perkebunan. Baru saja pulang dari ibadah Haji bersama istri yang beliau sudah dikaruniakan anak – anak yang masih berada dalam bangku kuliah dan SMU. Istri beliau dulu seorang Assistant Penelitian PTPN di tanah Jawa sana. Memutuskan berhenti dan ikut beliau bertualang ke Sumatera dan Kalimantan. Puluhan tahun lalu. Hingga sekarang beliau mampu berangkat Haji bersama – sama.

“ Bapak berdo’a buat Alm. Bapak sama Ibu Nak Tami, di Arafah. Robbighfirlii wali waalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo. Alhamdulillah, akhirnya niat Bapak terkabulkan, …..

Tapi di sana juga Bapak jadi terbersit harapan, anak – anak Bapak akan mengucapkan do’a itu juga nanti di Baitullah…. “

Beliau tersenyum. Sembari membuang rokok, beliau mengisyaratkan langkah untuk beranjak. Suasana di luar Central Office Area setelah meeting pagi ini sedikit memberi saya pelajaran, dari sekian banyak cerita dan gambaran yang beliau paparkan tentang kehidupan, ini yang terpatri di pikiran saya.

“ Pamit ya Nak Tami. Assalamualaikum.... “

“ Hm, iya. Terima kasih Pak. Wa'alaikumsalam..... “

Ford Ranger itu berlalu, dan saya yang kemudian memutuskan menulis ini


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar