Powered By Blogger

Desember 21, 2010

PNS

.



Kadang saya selalu berpikir, apa yang melatarbelakangi seseorang untuk ikut test penerimaan CPNS ?

Tiba – tiba pikiran seperti ini kembali menyeruak saat saya membaca postingan seorang rekan di sini. Setelah lama hilang dan saya mengambil sikap untuk tak peduli terhadap pilihan orang. Saya sebenarnya tidak tertarik atas si A berhasil, terus si B belum beruntung, si C belajar giat hingga ikut try out untuk bisa berkompetesi dalam test tersebut, si D yang stress karena tertipu setelah usaha sogoknya lebih rendah dari kompetitor lain, ato beberapa institusi yang menciptakan soal – soal gak berkualitas macam judul lagu ( ato berapa album ? ) yang diciptakan Presiden negeri ini di soal testnya.

Ah, saya tentu tak ingin menciptakan penilaian ke-iri-an dalam tulisan ini.

Bagi saya, Pegawai Negeri Sipil adalah sebuah pekerjaan yang mengabdi yang sangat luas. Sebagai aparatur negara tentu tidak dipungkiri bahwa pengeluaran negara salah satunya adalah untuk membayar gaji dan tunjangan bagi para aparaturnya ini. Sementara di satu sisi penerimaan yang dipegang dan masih dalam proyeksi yang terbesar oleh negeri adalah pungutan pajak terhadap para pelaku usaha, rakyat kecil, dan banyak sumber – sumber penerimaan pajak lainnya.

Dari ini, tentu boleh saya katakan bahwa pegawai negeri adalah aparatur negara yang melayani, baik secara administrative maupun operational, baik yang fungsional maupun yang structural, dan mempunyai tanggung jawab secara tidak langsung pada rakyat.

Oleh karena itu, bila kita hanya mempunyai reason saat mengikuti test penerimaan CPNS dengan memimpikan jaminan hidup hari tua, kerja yang santai, dan hal lain yang membuat kita merasa tak akan terbebani, maka seandainya tidak lolos, mungkin itu teguran dari Tuhan untuk kalian memperbarui niat. Dan pun bila Tuhan memberi ‘ keberuntungan ‘ dengan orang tersebut, saya harap Tuhan memberi pelajaran bahwa reason yang mereka jadikan latar belakang untuk ikhtiar itu adalah penopang konsep pikir yang keliru, karena bila tidak, seperti yang sering didengungkan oleh iklan Pajak : Apa kata dunia ?

Negeri ini perlahan akan hancur sendiri untuk menerima kapabilitas dari orang – orang tersebut yang sudah bermimpi sebelum tidurnya……..

Tapi bila niat sudah benar, ingin mengabdi, ingin membangun negeri ini, dan masih juga belum beruntung dalam test penerimaan CPNS, maka saya cuman ingin memberi semangat, mungkin belum saatnya, mungkin justru CPNS bukan yang terbaik sebagai ladang amal ibadah dan ada sebuah post yang direncanakan olehNya, siapa tahu ? Konsep positive thinking sangat baik untuk dikembangkan dalam menghadapi sebuah hasil yang tak menggembirakan bukan ?.

So, selamat bagi yang lulus test CPNS dan tetap semangat bagi yang belum lolos




.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar