Powered By Blogger

Mei 05, 2009

Sendiri seperti Si Mbah Kahlil katakan.....

Seperti Mbah Kahlil Gibran katakan dalam ‘Sang Nabi’,
“Kalian berbicara ketika pikiran tidak tenang. Ketika tidak tahan lagi berdiam dalam hati, kalian hidup melalui bibir - dan kata yang bersuara menjadi satu-satunya pengobat jiwa.”

Hm, benarkah ? saya tidak mengetahui persis…..mungkin kedewasaan saya belum bisa memakluminya dengan sedikitnya pengalaman saya dalam hidup. Hanya saja sebagai orang yang terlahir dan terbesarkan di daerah keramaian seperti kota Banjarmasin, maka jujur saja : kesunyian daerah kamp adalah sesuatu yang sangat mempengaruhi jiwa saya. Dan, alangkah naifnya bila sekarang ini saya mengatakan saya tidak mendapatkan apa – apa. Tidak. Saya justru lebih ‘ mengenal dunia ‘ saat saya melempar diri saya ke ujung langit ini.

Apa yang saya dapatkan ?
Saya mendapati diri saya yang dipanggil Bapak oleh bawahan saya, saya mendapati diri saya yang marah, saya mendapati diri saya yang kasar. Saya mendapati diri saya yang tertekan, saya mendapati diri saya yang menangis.
Saya yang terjebak dalam suasana air keras di api unggun malam, saya mendapati diri saya yang terjerembab hina di pelataran mesjid, saya yang mengenal Ia dan saya yang lupa beberapa lama.
Saya yang dewasa dan saya yang childish.
Dan, sebenarnya di sini saya lebih memaknai arti seseorang dan arti orang – orang yang hingga saat ini masih ‘ hidup dan bersama ‘ saya di sini.

Yang datang dan yang berlalu silih berganti.

Ada banyak pembicaraan yang terekam dalam ingat saya,……sangat banyak. Dalam beberapa kesempatan, dan dalam beberapa waktu yang selalu. Hingga kami meringkuk di dalam kamar. Di atas tempat tidur, dan menciptakan hening masing – masing.
Sendiri.
( lagi ) seperti Si Mbah Kahlil katakan,
“Di antara kalian ada yang mencari kawan yang pandai bicara, karena takut akan tertimpa sepi. Padahal kesunyian yang kalian menjauhinya, adalah mata yang akan membuka kekurangan diri.”



: yang selalu mencoba dewasa
“ Semoga saya bisa !!! “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar