Powered By Blogger

Agustus 30, 2009

Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar

" Seandainya aku berhak untuk mengangkat seorang menjadi khalifah, pastilah Qasim bin Muhammad yang kuangkat " ( Umar bin Abdul'aziz )

Ayahnya seorang putera khalifah pertama. Ibunya seorang puteri Kisra Persia terakhir. Dan, ia dilahirkan di salah satu kota yang diberkati, Madinah Al Munawwarah, menjelang akhir khalifah ' Utsman bin 'Affan ra

Saat sang Ayah ( Muhammad bin Abu Bakar yang menjabat Gubernur Mesir ) meninggal dalam huru - hara politik di pemerintahan Sayyidina Ali bin Abi Thalib, ia dan saudara perempuannya di asuh oleh Ummul Mukminin Aisyah yang tak lain adalah bibinya sendiri.
Menjelang remaja ia kemudian diserahkan kepada pamannya, Abdurrahman bin Abu Bakar. Dalam pengasuhan paman dan bibinya inilah Qasim menjadi seorang terpelajar. Ia menjadi seorang rajul ( seorang laki - laki yang mendalami sunnah ), seorang imam, dan seorang mujtahid. Ia disejajarkan dengan dengan Sa'id bin Musayyib, 'Urwah bin Zubeir, Abu Bakar bin Abdurrahman al-Makhzumiy, Kharijah bin Zaid, Sulaiman bin Yasar, dan 'Ubaidullah bin Abdullah bin 'Utbah. Ia dan ke-enam orang ini yang dikenal dengan fuqaha 'ul-madinah as-sab'ah ( tujuh ahli fiqh madinah ).

Ia berperan besar dalam pemugaran Masjid Nabawi pada masa pemerintahan Gubernur 'Umar bin Abdul'aziz, yang diprakarsai oleh khalifah Walid bin Abdulmalik.

Allah mengkaruniakan umur panjang kepada Qasim bin Muhammad. Lebih dari 72 tahun. Namun, di hari tuanya, Allah mengujinya dengan mencabut terlebih dahulu indera penglihatannya. Dalam perjalanannya ke Baitullah al-Haram, Qasim merasakan ajalnya hampir tiba. Ia berpesan kepada puteranya, " jika aku mati nanti, kafanilah aku dengan kain yang biasa kupakai untuk sholat; gamisku kain sarungku; dan rida'ku. Seperti itu juga kakekmu, Abu Bakar, dikafani. Lalu, ratakan kuburku dan bersegeralah pulang. Janganlah kalian berdiri di sisi kuburku sambil mengatakan ' Beliau dulu begini, beliau dulu begitu '. Sebab aku bukan siapa - siapa...."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar